Today: 20.Feb.2018
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 42

Workshop Membatik

25 Mei 2016. Dalam rangka memperingati Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia dan Ulang tahun Museum Etnobotani ke-34, Museum Etnobotani Indonesia,  Bidang Botani Pusat Penelitian Biologi – LIPI, menggelar kegiatan Konferensi Pers Eksplorasi Bioresources 2016 Kedeputian IPH LIPI dan Workshop Membatik Motif Flora dan Fauna Khas Bogor, di Gedung Kusnoto Bogor, Rabu (25/05).

Kegiatan ini dihadiri 136 orang dari berbagai kalangan, hadir Deputi IPH LIPI, Kepala Bidang Botani-Puslit Biologi LIPI, Kepala Bidang Mikrobiologi-Puslit Biologi LIPI, Kepala Sub, Bagian Kerjasama dan Informasi, Ketua PME Puslit Biologi LIPI, BKHH LIPI, Puslit Oseanografi, PKT Kebun Raya Bogor LIPI, UPT. BIT LIPI, Perwakilan dari Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Perwakilan Tim Kopassus Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat 2016, Koordinator Tim Ekspedisi LIPI, Tim Eksplorasi Sumba, Sulbar dan Tambrauw, Pustekkom Kemdikbud,, Tim Peneliti Ekspedisi Puslit. Biologi, Peserta Workshop Batik (SMPN 1 Bogor, SMPN 3 Bogor, SMPN 7 Bogor, SMPN 4 Bogor, SMP BPK Penabur Jakarta, SMK Globin Dramaga Bogor, SMK Pesat Sinbar Bogor, SMK Yaspi Ciapus Bogor, SMAIT Insantama Gunungbatu Bogor, MAN 1 dan MAN 2 Bogor), Guru Pendamping dan komunitas Bogor Crafter Club (BBC), serta rekan – rekan media.

Prof. Dr. Enny Sudarmonowati, selaku Deputi IPH LIPI, dalam sambutannya mengatakan, Hari yg sangat penting, hari ini memperingati antara lain Keanekaragaman Hayati Dunia , walaupun tepatnya tanggal 22 Mei 2016. Harus benar-benar memperingati karena banyak sekali generasi muda yang belum mengetahui keanekaragaman hayati atau biodiversity.  Sebagai bangsa harus peduli dalam keragaman hayati kita, harus bangga Indonesia kaya, dan bagaimana memanfaatkan berkelanjutan Sumberdaya Keragaman Hayati Kita, tegasnya sekaligus membuka  acara.

Dalam Konferensi pers nanti banyak sekali yang dipaparkan oleh Tim Eksplorasi LIPI berhasil menemukan berbagai jenis catatan dan kandidat spesies baru di tiga lokasi (sumba, sulbar dan Tambrauw), total 14 kandidat jenis baru. Hasil temuan ini akan memberikan kontribusi pada pengetahuan keanekaragaman hayati di Indonesia, Hasil ekplorasi akan diinformasikan kepada masyarakat umum dan masyarakat setempat pada khususnya agar bisa di manfaatkan dengan sentuhan IPTEK untuk peningkatkan kesadaran tentang nilai kehati dan pemanfaatannya secara berkelanjutan, ungkapnya

Data Informasi yang sangat minim  tentu saja di Indonesia bagian  Timur, salah satunya karena keterbatasan dana penelitian, di Kedeputian Ilmu Pengetahuan Hayati melakukan eksplorasi semaksimal mungkin atau seoptimal mungkin bekerjasama berbagai pihak, jelasnya.

Rangkaian acara ini menghadirkan dua nara sumber, yaitu; Muzayyinah, M.Si., dalam memaparkan presntasinya tentang Pewarna Alam dalam Batik dan Dr. Andria Agusta selaku Koordinator Kegiatan, memaparkan  “Eksplorasi Bioresources Pulau Terdepan Indonesia 2015-2016” dilanjutkan dengan  Pemutaran Film Treasure Kegiatan Eksplorasi Di Sumba oleh UPT BIT LIPI dan Pemutaran Film Pendidikan Terkait Kegiatan Eksplorasi oleh Pustekkom, Kemdikbud.

Beliau mengungkapkan dalam proses membatik dengan menggunakan pewarna alam itu  merupakan salah satu hasil ekplorasi yang banyak ditemukan dan dimanfaatkan, untuk itu mendorong para pelajar agar dapat memanfaatkan pengetahuannya tentang pewarna alam apa saja. Jelasnya.

Serangkaian kegiatan  menyambut Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia,  Museum Etnobotani Indonesia, menggelar workshop lomba Membatik disain Motif Flora – Fauna khas Bogor, dengan mengajak generasi muda untuk menggali ide kreatif dan meningkatkan kecintaan dan keperdulian pelajar dan peserta umum terhadap kearifan lokal budaya batik.

Selanjutnya dalam waktu yang bersamaan digelar Konferensi pers “hasil eksplorasi keanekaragaman hayati Indonesia,” yang disampaikan oleh masing – masing koordinator Eksplorasi Bioresources; Sumba, Sulawesi Barat dan Papua Barat, bertempat di Gedung Kusnoto Bogor, sedangkan Lomba membatik berlangsung di Museum Etnobotani Indonesia, Bogor.

 

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

  • Latest
  • Popular

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Jl. Ir.H. Djuanda No. 22 Bogor 16122-Jawa Barat Indonesia

Telp. 0251-8387703

Booking online

Jadwal kunjungan

 

 

Hari

Jam

Senin-Kamis

08.00-16.00

Jumat 

08.00-11.00

 

Istirahat

 

13.00-16.00

Sabtu & Minggu

09.00-14.00

Hari libur besar/Nasional

Tutup

 

Rombongan:

untuk rombongan yang akan berkunjung ke Munasain dapat melakukan pemesanan tempat melalui Booking online, no telepon atau melalui email.

+62 0251-8387703

email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Media Sosial

  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Live chat

Untuk membantu kami melayani Anda dengan lebih baik, berikan beberapa informasi sebelum memulai obrolan Anda.