Today: 22.Apr.2018
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 42

Sarasehan dalam Rangka Pembukaan Pameran Temporer
Rate this item
(0 votes)

 

Dalam rangka mewujudkan Museum Sejarah Alam dan Kehidupan Manusia, Bidang Botani, Pusat Penelitian Biologi-LIPI menyelenggarakan pameran temporer yang berlangsung selama enam bulan dari tanggal 24 November 2015 – 31 Mei 2016 dengan mengusung tema “Bogor-Buitenzorg: Kota Sumber Ilmu Pengetahuan Hayati Tropika Dunia”. Pembukaan dilaksanakan di Gedung Kusnoto Jl. Ir. H. Juanda Bogor pada Selasa (24/11).

Pemilihan tema dilatarbelakangi bahwa sejak jaman pra kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi acuan untuk ilmu pengetahuan di bidang pertanian, ilmu kedokteran hewan, tumbuhan dan lainnya yang berkembang menjadi beberapa lembaga penelitian di kota Bogor. Bukti nyata dari peninggalan perkembangan ilmu pengetahuan ini adalah dengan adanya lembaga pendidikan dan institusi yang terkait dengan ilmu-ilmu pengetahuan, salah satunya adalah Museum Etnobotani Indonesia.

Tujuan pameran temporer di Museum Etnobotani Indonesia (MEI) adalah untuk mengungkap sejarah alam dan keanekaragaman hayati yang bermanfaat bagi kehidupan manusia Indonesia yang berbhineka budayanya dan sebagai salah satu penyambung informasi serta pengetahuan kepada pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum.

Dalam pembukaan pameran Museum Etnobotani diselenggarakan pula acara sarasehan dengan menghadirkan dua narasumber, yaitu Kuswata Kartawinata, Ph.D. menyampaikan paparannya mengenai “Peneliti dan Penelitian Ilmu Pengetahuan Hayati Nusantara”, sedangkan Dr. Herwasono Soedjito membawakan presentasi tentang “Cinta Puspa & Satwa Bogor – Buitenzorg: Dialektika dalam Dinamika Ilmu Pengetahuan Satwa”.

Kesimpulan dari hasil pemaparan kedua narasumber yang dimoderatori oleh Prof. Dr. Y. Purwanto bahwa, kegiatan pameran ini memberikan pelajaran bagi kita semua mengenai sejarah tentang eksplorasi dan penelitian flora di Indonesia, introduksi tanaman budidaya yang pernah didatangkan dan lain sebagainya. Selain itu mengenalkan kepada generasi penerus para ilmuwan yang telah berjasa untuk negeri ini, membawa kita pada pengetahuan yang lebih luas dan memberikan inspirasi dan semangat bagi para guru untuk bisa menceritakan dan menyampaikan pada anak didik betapa luasnya keanekaragaman hayati kita di Indonesia.

 

Read 185 times Last modified on Tuesday, 13 February 2018 14:56

Suspendisse at libero porttitor nisi aliquet vulputate vitae at velit. Aliquam eget arcu magna, vel congue dui. Nunc auctor mauris tempor leo aliquam vel porta ante sodales. Nulla facilisi. In accumsan mattis odio vel luctus.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

  • Latest
  • Popular

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Jl. Ir.H. Djuanda No. 22 Bogor 16122-Jawa Barat Indonesia

Telp. 0251-8387703

© 2018 by Munasain

Booking online

Jadwal kunjungan

 

 

Hari

Jam

Senin-Kamis

08.00-16.00

Jumat 

08.00-11.00

 

Istirahat

 

13.00-16.00

Sabtu & Minggu

09.00-14.00

Hari libur besar/Nasional

Tutup

 

Rombongan:

untuk rombongan yang akan berkunjung ke Munasain dapat melakukan pemesanan tempat melalui Booking online, no telepon atau melalui email.

+62 0251-8387703

email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Media Sosial

  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Live chat

Untuk membantu kami melayani Anda dengan lebih baik, berikan beberapa informasi sebelum memulai obrolan Anda.