Today: 20.Feb.2018
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 42

Ngabuburit di Museum
Rate this item
(0 votes)

 

Dalam rangka Diseminasi Revitalisasi Museum Etnobotani Indonesia menjadi Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia dan mengisi kegiatan bulan Ramadan 1437 H, Bidang Botani Pusat Penelitian Biologi_Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyelenggarakan acara “Ngabuburit” di Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia, bertempat di Jl.Ir. H. Juanda No.22-24 Bogor Jawa Barat.

Acara ini dilaksanakan pada hari Rabu, 29 Juni 2016. Kegiatan diisi dengan materi presentasi Ekspedisi dan Eksplorasi Pusat Penelitian Biologi-LIPI.

Kegiatan dibuka oleh Dr. Joeni Soetijo Rahajoe Kepala Bidang Botani dilanjutkan pengarahan dari Prof. Eko Baroto Walujo. Acara dihadiri oleh jajaran Bidang Botani Puslit Biologi antara lain kepala-kepala Labolatorium di lingkup Botani dan Peneliti. Hadir pula sebagai audience antara lain mahasiswa Jurusan Biologi Universitas Pakuan (UNPAK), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Islam Jakarta,. Sebagai nara sumber materi presentasi menghadirkan Dr. Amir Hamidy dan Dr. Hari Nugroho dari Pusat Penelitian Biologi LIPI. Materi yang disampaikan berupa pemutaran video/film Ekspedisi dan Eksplorasi  daerah Pulau Enggano, Papua Barat, Sumba, dan Sulawesi Barat. Menyusul kehadiran Prof. Dr. Enny Sudarmonowati Deputi Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI menjelang penutupan. Beliau memberikan pengarahan seputar peran LIPI dan program revitalisasi museum dan pembentukan komunitas museum. Nama Museum Sejarah Alam dan Kehidupan Manusia menjadi Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia diputuskan pada rapat pengembangan museum ke dua Kamis, 23 Juni 2016. Rencana Launching nama museum tersebut akan diselenggarakan bulan Agustus 2016. Pertemuan kesekian kali ini terbentuk nama komunitas museum yang menjadi keputusan pada acara “ngabuburit” di museum adalah Komunitas Pencinta Museum Bogor (KOMPEMOR).

Penyelenggaraan acara “Ngabuburit” di museum yang diadakan pertama kali ini dengan tujuan antara lain untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang kegiatan Ekpedisi dan Eksplorasi penelitian Pusat Penelitian Biologi LIPI, dan diharapkan dapat memotivasi peserta untuk menimbulkan pemahaman, rasa peduli dan bersyukur dengan kekayaan hayati dan alam ciptaanNYA, Diseminasi penting dilakukan mengingat museum dalam menjalankan fungsinya sebagai pelestari nilai-nilai pengetahuan yang positif dapat mengomunikasikan pesan nilai-nilai (baik tangibles atau intangibles) tersebut kepada masyarakat, dalam konteks ini adalah dikhususkan bagi para mahasiswa sebagai penerus bangsa.

Istilah “Ngabuburit” pada bulan puasa atau bulan suci Ramadhan di Indonesia sudah tidak asing lagi terutama di daerah Jawa Barat. Masyarakat Jawa Barat memaknai istilah tersebut lebih kepada kegiatan yang dilakukan menjelang buka puasa. Waktu yang biasanya tersedia tergantung dari orang yang ingin melakukan kegiatan ini.  namun pada umumnya dilakukan pada sore hari sehabis waktu Ashar yaitu kira-kira antara pukul 15.30 hingga pukul 18.00 atau menjelang waktu Magrib (waktu buka puasa). Kegiatan yang dilakukan bermacam-macam, diantaranya memanfaatkan waktu ke tempat wisata.

Kebiasaan menghabiskan waktu di tempat wisata seperti museum merupakan hal yang masih jarang dilakukan. Padahal memanfaatkan waktu di tempat tersebut terdapat sisi positip apabila dilakukan. Memanfaatkan sebagian waktu di museum dapat memperoleh pengetahuan yang sesuai dengan apa yang ditampilkan oleh museum itu sendiri, baik konten, koleksi yang ditampilkan ataupun program kegiatan publiknya.

Bogor, 29 Juni 2016

 

Dian Komara

 

Read 38 times Last modified on Tuesday, 13 February 2018 15:03

Suspendisse at libero porttitor nisi aliquet vulputate vitae at velit. Aliquam eget arcu magna, vel congue dui. Nunc auctor mauris tempor leo aliquam vel porta ante sodales. Nulla facilisi. In accumsan mattis odio vel luctus.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

  • Latest
  • Popular

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Jl. Ir.H. Djuanda No. 22 Bogor 16122-Jawa Barat Indonesia

Telp. 0251-8387703

Booking online

Jadwal kunjungan

 

 

Hari

Jam

Senin-Kamis

08.00-16.00

Jumat 

08.00-11.00

 

Istirahat

 

13.00-16.00

Sabtu & Minggu

09.00-14.00

Hari libur besar/Nasional

Tutup

 

Rombongan:

untuk rombongan yang akan berkunjung ke Munasain dapat melakukan pemesanan tempat melalui Booking online, no telepon atau melalui email.

+62 0251-8387703

email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Media Sosial

  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Live chat

Untuk membantu kami melayani Anda dengan lebih baik, berikan beberapa informasi sebelum memulai obrolan Anda.