Today: 24.Jun.2018
Ruang Introduksi MUNASAIN
Rate this item
(0 votes)

Ruang Introduksi Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (MUNASAIN) merupakan satu-satunya museum tentang sejarah alam Indonesia di Indonesia yang memberikan informasi lengkap dan terkini terkait tipe ekosistem dan sumber daya hayati. Lembaga yang mengelola museum ini adalah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Biologi. Upaya revitalisasi museum itu pun telah dilakukan agar pengembangan informasinya dapat lebih baik dan profesional.

Dan sebagai penanda hasil revitalisasi tersebut, dilaksanakan kegiatan Launching Ruang Introduksi MUNASAIN pada 16 Mei 2018 di Kota Bogor, Jawa Barat, yang bertepatan pula dengan Hari Museum Internasional.


 
Kota Bogor, 16 Mei 2018. Keberadaan MUNASAIN amatlah penting sebagai media penyadartahuan tentang alam Indonesia yang saat ini mengalami penurunan kualitas lingkungannya, sehingga masyarakat sejak usia dini dapat ikut menjaga lingkungan dan sumber daya alam dan hayati Indonesia. Museum tersebut merupakan pengembangan dari Museum Etnobotani Indonesia (MEI) yang didirikan tahun 1982. Museum itu kemudian direvitalisasi dan diperluas cakupannya menjadi MUNASAIN, yang secara resmi berdiri pada 18 Mei 2016.

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Prof. Dr. Enny Sudarmonowati sebagai penggagas utama berdirinya museum ini, mengatakan bahwa proses revitalisasi dan pengembangan MUNASAIN dilakukan secara bertahap dari lantai per lantai karena keterbatasan dana. Namun demikian, sudah ada “story line” untuk keseluruhan 5 lantai. “Ruang introduksi yang di-launching kali ini secara fisik berubah total dari yang semula. Tampilan barunya sudah edukatif, komunikatif, dan interaktif. Walaupun masih perlu dilengkapi lebih banyak multimedia,” jelasnya.


 
Sebagai museum berbasis sains, Enny melanjutkan, MUNASAIN bertujuan untuk memberikan pendidikan berkesinambungan kepada pengunjung. Sebagai museum nasional, museum ini mengenalkan sejarah alam Indonesia, budaya, dan keanekaragaman hayati Indonesia yang menjadi identitas bangsa kepada masyarakat umum khususnya generasi muda. “Setelah diadakan soft launching pada 31 Agustus 2016 yang lalu, MUNASAIN pun terus melakukan pengembangan, mulai dari tata pamer, program publik, ruang publik, hingga sarana dan prasarana museum,” paparnya.

Sementara terkait dengan kegiatan Launching Ruang Introduksi MUNASAIN, tujuan kegiatan ini adalah untuk meresmikan Ruang Introduksi (Pengantar) yang sekaligus sebagai penanda dibukanya kembali MUNASAIN secara utuh, setelah mengalami revitalisasi selama setahun. Revitalisasi ini didukung oleh Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Direktorat Pajak Wilayah III Jawa Barat. Sementara itu, kegiatan launching kali ini juga menyelenggarakan pameran temporer yang bertema “Tumbuhan Aromatik, Rempah dan Pewarna Alami”, yang dapat dikunjungi hingga Desember 2018.

 

 

 

 

Sed sollicitudin est neque, ac dictum ipsum. Nullam lobortis, nisi ut pulvinar pellentesque, orci

Hoang Minh, CEO

Read 11 times Last modified on Wednesday, 16 May 2018 10:35

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

  • Latest
  • Popular

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Jl. Ir.H. Djuanda No. 22 Bogor 16122-Jawa Barat Indonesia

Telp. 0251-8387703

© 2018 by Munasain

Booking online

Jadwal kunjungan

 

 

Hari

Jam

Senin-Kamis

08.00-16.00

Jumat 

08.00-11.00

 

Istirahat

 

13.00-16.00

Sabtu & Minggu

09.00-14.00

Hari libur besar/Nasional

Tutup

 

Rombongan:

untuk rombongan yang akan berkunjung ke Munasain dapat melakukan pemesanan tempat melalui Booking online, no telepon atau melalui email.

+62 0251-8387703

email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Media Sosial

  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

QR code

Live chat

Untuk membantu kami melayani Anda dengan lebih baik, berikan beberapa informasi sebelum memulai obrolan Anda.