Today: 24.Jun.2018
Slider (6)

 

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (Munasain), Pusat Penelitian Biologi-LIPI bekerja sama dengan Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI), dan Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Kemendikbud menggelar acara Nonton Bareng Komunitas (NBK) dalam rangka mengedukasi dan menumbuhkan rasa ingin tahu serta kecintaan khususnya generasi muda terhadap aset bangsa yang sangat berharga yaitu bukti sejarah peradaban.

 

Indonesia dianugerahi kekayaan alam yang sangat besar, sehingga memungkinkan tingginya keanekaragaman hayatinya.

 

Pemerintah Kota Bogor meresmikan Museum Nasional Sejarah Alam yang sebelumnya merupakan Meseum Etnobotani yang berada di Jalan Djuanda, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

 

Dari mana kopi berasal? Siapa yang membudidayakan pertama kali di masa lalu? Apa faktor-faktor penyebab kopi dapat masuk dan diterima di Indonesia? Tradisi apa yang terbentuk dan proses produksi kopi? Dimana dan bagaimana cara menyeduh kopi yang enak dan sesuai selera?

Museum Nasional Sejarah Alam (MUNASAIN) bekerja sama dengan Komunitas Pencinta Museum Bogor (KOMPEMOR) mengadakan acara Night at the Museum "NGOPI BARENG DI MUSEUM YUK"

Acara ini berisi diskusi ringan dan pemutaran film dokumenter yang berjudul AROMA OF HEAVEN. Kegiatan ini dalam rangka HUT ke 35 MUNASAIN (18 Mei), yang juga bertepatan dengan Hari Museum Internasional.

Berita selengkapnya dapat anda lihat disini

 

Museum Etnobotani Indonesia (MEI) menyelenggarakan kegiatan workshop sehari tentang “Pemanfaatan Kenari dan Permainan Tradisional Anak-Anak” pada tanggal 08 Maret 2016.

Kegiatan workshop tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara  Pameran Temporer Museum dengan tema: “Bogor-Buitenzorg, Kota Sumber Ilmu Pengetahuan Hayati Tropika Dunia”, yang berlangsung dari tanggal 24 November 2015 sampai dengan akhir bulan Mei 2016 (free/gratis).

Berita selengkapnya dapat anda lihat disini

 

 

 

Bogor – Museum Etnobotani Indonesia (MEI) telah menggelar pameran temporer dengan Tema “Bogor – Buitenzorg: Kota Sumber Ilmu Pengetahuan Hayati Tropika Dunia”.

Pameran telah dilaksanakan pada tanggal 24 November 2015 sampai dengan 31 Mei 2016 dan berlokasi di Lantai 1 Museum. Tema pameran dilatarbelakangi oleh sejarah Bogor sebagai salah satu daerah yang menjadi cikal bakal lahirnya lembaga penelitian Ilmu Pengetahuan Alam yang ada di Indonesia, seperti Kebun Raya Bogor (KRB). KRB merupakan pionir dari terbentuknya beberapa lembaga dan institusi penelitian yang ada sekarang.

Kebun Raya Bogor dalam konteks sejarah merupakan induk dari lahirnya berbagai institusi yang ada di Indonesia. Seperti Pusat Penelitian Pertanian (padi, Holtikultura, Tumbuhan Rempah dan Obat), Pusat Penelitian Penyakit Hewan, Pusat Penelitian Perikanan Air Tawar, Pusat Penelitian Kehutanan, Pusat Penelitian Perkebunan, Pusat Penelitian Karet, Pusat Penelitian Tanah, Kampus IPB, Kampus SPP-SPMA/STPP (sekarang) dan termasuk Lembaga Biologi Nasional (sekarang Pusat Penelitian Biologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) yang membawahi Museum Zoologi Bogor dan Museum Etnobotani Indonesia (MEI).

 

  • Latest
  • Popular

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Jl. Ir.H. Djuanda No. 22 Bogor 16122-Jawa Barat Indonesia

Telp. 0251-8387703

© 2018 by Munasain

Booking online

Jadwal kunjungan

 

 

Hari

Jam

Senin-Kamis

08.00-16.00

Jumat 

08.00-11.00

 

Istirahat

 

13.00-16.00

Sabtu & Minggu

09.00-14.00

Hari libur besar/Nasional

Tutup

 

Rombongan:

untuk rombongan yang akan berkunjung ke Munasain dapat melakukan pemesanan tempat melalui Booking online, no telepon atau melalui email.

+62 0251-8387703

email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Media Sosial

  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

QR code

Live chat

Untuk membantu kami melayani Anda dengan lebih baik, berikan beberapa informasi sebelum memulai obrolan Anda.